Selasa, 08 Maret 2016

Pengalamanku Di Pelantikan Pramuka

Halo namaku Rayhan Satria Hariyo. Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku di Pelantikan pramuka gudep 3.359. pelantikan kali ini di laksanakan tanggal 27 Februari 2016 di studio alam TVRI. Dari jam 6 sampai jam 17.00. 

Sebelumnya kita di suruh untuk membawa tongkat yang di cat warna kuning 30 cm atas bawah dan sisanya warna merah. Kita juga disuruh membawa sepasang semapur, tali tambang pramuka, pakaian atribut lengkap ( wosm kacu baret berlambang, pluit, ikat pinggang dan masih banyak lagi) kami juga disuruh membawa snack dan makan siang, baju ganti 9 saya lupa bawa, tapi untung ga kepake hehe). Disuruh bawa minum 2 botol 600ml. terus yang lainnya lupa huaha...:p .

Aku dari rumah sudah siap-siap dari malem untuk pelantikan besok dan berharap untuk berhasil karena aku sudah belajar dan sudah menghafalkan semuanya dengan baik. Aku bangun jam 5 pagi. Aku langsung sholat shubuh dan aku langsung bergegas mandi. Setelah selesai mandi, aku menikmati sarapanku dengan susu, dan bistik lidah.. hmmm enak. Aku baru berangkat jam 6 pagi, dan sesampainya di sana sudah jam 6.30. aku agak telat pergi nya. Untungnya aku masih dimaklumi dan diperbolehkan masuk ke barisan. Aku melalui APEL pembukaan dengan semangat dan bergegas menuju tronton yang sempit dan menaruh tongkatku di bawah dan aku duduk di pinggir tronton. Rasanya udara sudah sangat sejuk. Untungnya aku duduk di pinggir. Sempit juga tronton yang ditempati oleh 4 regu. -_-.

Setelah saya sampai di studio alam TVRI, saya bergegas mengikuti pembimbing ke hallnya. Disana kami ber istirahat, berbagi camilan dan bercanda ria. Kita langsung di suruh untuk outbond dan yap. Kita melewati pos pertama yang kita akan ditanyakan tentang trisatya dan dasadarma. Masing masing dari kami akan ditanyakan tentang dasadarma juga tapi tidak urut. Setibanya di pos 2 kami ditanyakan tentang semaphore dan kami akan di suruh untuk menebak huruf dan kata. Dan kami LULUS dalam tahap itu. Selanjutnya, kita akan pergi ke pos ke 3 untuk melakukan tes simpul tali. Nah, disana taliku terpakai oleh kelompokku. Kita disuruh membuat tandu pramuka. Disanalah kami menemukan sedikit kendala, karena tidak banyak dari kita yang bisa melakukan simpul. Jadi saya mendapatkan bagian untuk merapihkan tali dan membantu sebisa mungkin. Prosesnya cukup lama. Memakan waktu sekitar 50 menit-an. Setelah jadi, kita memilih Abyan untuk diangkat dengan tandu pramuka. Kita mengangkat Abyan dengan susah payah ke tempat dimana pos 4 berada. Di pos 4, kami mengantre cukup lama untuk memasukinya, kita harus menunggu 3 kelompok lagi. Sekarang, kita di perintahkan untuk melewati berbagai rinangan menuju finish, dan kita juga harus mengangkat Abyan bersama. Sudah tempatnya sempit, berat, malah disuruh angkat orang -__-. Rintangannya mulai dari tidak boleh menyentuh tali, tidak boleh menginjak bambu, dan harus menginjak gambar.

 Seusai itu, kami harus langsung pergi ke hall awal dan latihan PBB. Disana kami juga harus mengantre dan akhirnya kita bisa ikut. Kami langsung dihidangkan soal soal tentang sandi morse, sandi apalah itu yang lainnya. Kami langsung istirahat dan sholat. Saya tentunya melaksanakan sholat terlebih dahulu.. (eakk alim wkwk :p) perjalanan ke masjid juga cukup jauh. Saya sholat dzuhur dan ashar di jamak qasar. Setelah sholat, baru kita makan bersama teman teman dan bercanda ria.

Kami langsung persiapan untuk pelantikan. Dan kami harus melalui latihan pelantikan dan yuppz it took a lot of time!. Kami akhirnya melaksanakan pelantikan juga. Kami mulai dengan sambutan dari pelatih gudep pramuka, sambutan dari pak Ali Chudori, dari pak Kasdi dan pak Dedi, lalu menyanyikan lagu pramuka dan sampai selesai. Setelah itu, kita sudah boleh pergi ke tronton masing masing untuk pergi ke sekolah. Suasana tronton yaa begitulah.. sama sama aja kayak waktu berangkat wkwk.. kami sampai di sekolah tepat pada jam 5.15 sore. Saya langsung di jemput oleh ayah saya dan pullang sampai di rumah.. itu pengalaman yang seru juga sih hehheeee…

Sekian

Rayhan Satria Hariyo
7E

Korektor : Raihan Edsel Yoga Ernowo

3 komentar: